Rencana Pembangunan Rumah yang Baik

Desain suatu bangunan rumah sangat dipengaruhi oleh subyektifitas dan karakteristik seseorang yang akan merencanakannya, dimana peran arsitek bisa mempengaruhi namun pada dasarnya tetap berlandaskan sangat beragamnya tingkat ekonomi; sosial; kebudayaan sampai tingkat pendidikannya.

Dalam pengertian umum, rumah merupakan suatu bangunan yang dijadikan tempat tinggal sebuah keluarga dalam jangka waktu tertentu. Rumah mengacu pada konsep sosial kemasyarakatan sebuah keluarga dalam menjalin kehidupan keseharian seperti aktifitas sehari-hari; makan; tidur dan sebagainya. Aktifitas yang paling sering dilakukan di dalam rumah yaitu beristirahat, karena dalam keseharian orang akan bekerja yang dilakukan diluar rumah maupun bersekolah bahkan aktifitas lainnya.

Membangun denah rumah minimalis bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang memerlukan tingkat keahlian dan ketelitian yang cukup tinggi. Bukan hanya rumah mewah bahkan untuk rumah sederhana membutuhkan tingkat kejelian yang maksimal dan banyak faktor yang dapat mempengaruhi desain dan hasil pembangunan nantinya terutama faktor lahan yang dimiliki :

1. Bentuk Tanah Trapesium
Rumah Bentuk Tanah Trapesium
merencanakan dan mendesain hunian pada lahan terbatas atau tidak beraturan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi seorang Jasa Arsitek Rumah, karena pada lahan semacam ini dituntut untuk mendesain dengan penataan ruang-ruang yang nantinya sesuai dengan kebutuhan dari pemilik rumah. Terdiri dari 5 kamar tidur dimana 1 kamar tidur utama sudah dilengkapi kamar mandi didalamnya, ruang tamu yang minimalis dengan ruang keluarga menyatu dengan ruang makan dan dapur. 1 kamar tidur berada di lantai 1 sedangkan ke 3 kamar tidur lainnya berada di lantai 2. Penyatuan ruang keluarga; ruang makan dan dapur dengan mempertimbangkan privasi keluarga dimana tamu yang berkunjung tidak bisa melihat secara langsung area yang khusus bagi keluarga

2. Bentuk Tanah Persegi Panjang
Rumah Bentuk Tanah Trapesium


Desain melebar memiliki beberapa keunggulan dan merupakan investasi properti yang bernilai tinggi, dengan lahan yang cukup luas bisa dimanfaatkan untuk keperluan usaha. Konsep tata ruangan rumah yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan.

  • ruang tamu ukuran sedang dengan akses keluar melalui teras depan minimalis
  • 2 kamar tidur yang ideal, ruang keluarga dan ruang makan berada dalam satu kesatuan; musholla; kamar mandi dan 1 ruangan multifungsi
  • carport minimalis dan keberadaan taman di sekeliling hunian membuat asri dan sirkulasi udara yang nyaman.